IKAUNPASBANDUNG. Powered by Blogger.
Tag:

Drs. H. Dadang Mulyana M.Pd alumni Fkip Unpas

                                                          Drs. H. Dadang Mulyana M.Pd
 
                                                                      Dekan FKIP
Nama dadang mulyana, lahir di majalengka 18 maret 1960 ,
Status : sudah berkeluarga dan dikaruniai 4 anak, anak paling besar sudah di keluar di fkip unpas, anak ke 2 baru di SD, anak ke 3 di SD, dan ke 4 di SD juga.

pertama kali datang ke bandung di pada tahun 1981 ketika melanjutkan sekolah di perguruan tinggi unpas tepatnya FKIP unpas sebelum itu di SLTA PGRI 1 majalengka dan SLTP 1 pgri majalengka dan pernah juga di  pelayaran laut, selama satu tahun di tegal.
Ketika masuk di fkip unpas tahun 1981, kampusnya masi di cihampelas di tahun pertama saya alhamdulilah di tunjuk sebagai sebagai ketua kelas, selanjutnya di tahun ke dua menjadi ketua himpunan PPKN fkip unpas dan tahun ke tiganya di percaya menjadi ketua BPM fkip , yang pada saat ini berubah nama menjadi  DPM , aktivitas organisasi yang saya jalani di mulai pada tingkat pertama berkuliah.
Untuk keorganisasian aktif juga di organisasi kemasyarakatan paguyuban pasundan dimulai di tahun 1995 sampai sekarang dan akan dilaksanakan kongres di tahun 2015, Bagi saya organisasi merupakan instrumen,   dimana  dapat mengabdikan diri untuk kepentingan orang banyak.
 Ketika lulus di fkip unpas langsung mengajar di fkip unpas dan pada januari 1988 diangkat oleh yayasan menjadi dosen tetap di FKIP unpas,  di tahun yang sama yaitu juni 1998 diberi tugas untuk menjadi staf ahli di biro administrasi akademik dan kemahasiswaan tingkat universitas pasundan selama dua tahun dan selanjutnya di promosikan menjadi kepala perpustakaan universitas pasundan selama 6 tahun tepatnya sampai 1997, dan di tahun 1997 sampai 1999 saya dapat promosi menjadi sekretaris LPM tingkat univeristas.
Ketika menjadi sekretaris LPM, saya di calonkan oleh teman-teman untuk menjadi Wakil dekan 2  fkip unpas dan pada saat itu calonnya ada 3 setelah berjalannya pemilihan alhamdulilah senat fakultas memilih saya, masa jabat di tahun 1999 sampai 2003 dan di tahun 2004 menjadi wakil dekan 1 periode pertama itu sampat 2007 dan 2007 sampai 2010 saya dipercaya menjadi wakil dekan 1 periode kedua. Kemudia di tahun 2010 sampai sekarang dipercaya menjadi dekan FKIP.
Sebelum  melanjutkan kepada ika unpas, ada beberapa kesan ketika  saya berkuliah di  fkip unpas, waktu dulu itu kampus fkip masi numpang di gedung  sma, dan jam kuliahnya itu bukan di jam biasa yaitu di jam 5 sampai 9, dan hal berkesan lainnya  jam kuliahnya pada malam hari,  ada saat dimana  aliran listrik terjadi, saat mati listrik sering terjadi keributan – keributan yang dilakukan Karena saya tau dan kami sadar  kita pada waktu itu masi di usia 19-20 tahunnan.
Dibalik itu semua kami tidak pernah surut untuk terus belajar, sekalipun harus kuliah jam 5 sore sampai  9 malam, justru kami sangat merasa tertantang dengan keterbatasan sarana prasarana, keterbatasan waktu dan keterbatasan yang lain-lain.
Selanjutnya mengenai  ikatan alumni unpas atas nama alumni FKIP unpas, sekaligus atas nama dekan fkip unpas, saya ingin mengapresiasi  dengan terbentuknya IKAunpas yang di nakhodai oleh pa sobur dwiono
Saya melihat di bawah kepemimpinan beliau ada banyak terobosan-terobosan yang sangat positif  salah satu diantaranya dalam waktu kurun beberapa bulan dilantik beliau dapat mampu mengerakan seluruh IKA alumni di tiap fakultas, bahkan sampai dapat membentuk ika alumni di tiap program studi, dan ika alumni di tiap daerah-daerah.
Saya melihat ika alumni ini sebagai instrumen atau sebuah wadah dimana pra alumnus universitas pasundan dapat diikatkan oleh kegiatan IKA universitas,  jadi diharapkan kegiatan ika tidak hanya kegiatan insidential tapi yang dapat berkelanjutan serta kegiatan yang lebih menumbuhkan rasa kebanggaan dan kecintaan kepada almamaternya.
Tiap-tiap alumnus harus bangga dan jangan pernah ragu untuk mencintai almamaternya sebagai ibu asuh,Jadi komitmen alumni harus di bangun, dan harus memilik rasa tanggung jawab , rasa memiliki dan menjaga nama baik almamaternya.
ada perumpamaan,  kebesaran dari seorang alumi dapat di tentukan oleh almamaternnya seperti conto : ketika  kita akan melamar pekerjaan kemudian universitas pasundan memiliki nama besar di nasional maka perusahaan akan mempertimbangkan untuk menerimanya.
Dan kebesaran universitas pasundan dapat di tentukan juga oleh alumni nya Contohnya : ketika alumni unpas menduduki jabatan stategis di pemerintahan maka akan di cari tahu alumni mana, dan ketika tahu alumni unpas, maka nama unpas akan terangkat.
Ika unpas harus dapat mensinergiskan seluruh potensi yang dimiliki alumni , dengan cara program-program kerja ika dapat sejalan dengan almamaternya. Contoh : ketika unpas sedang menuju world class university, maka ikatan alumni harus berkontribusi untuk menjadikan unpas menjadi class dunia.
 Unpas itu adalah ibu asuh kita jangan sampai kegiatan ika alumni unpas itu  bertentangan,   atau tidak memberikan dukungan terhadap upaya-upaya pencitraan almamater dan sebaliknya unpas juga harus dapt memberikan kontibusi dalam pengembangan ikatan alumni dan kuncinya itu harus sinergis, dan tidak saling mencurigai.
Saya berkeyakinan antara ika unpas dan unpas sendiri tidak saling mencurigai,  saya sebagai alumni “jangan pernah ada kata menyerah, jangan pernah ada kata menyesal,  jangan pernah ada kata lelah,  berjuang-berjuang-berjuang,   untuk kemajuan ika dan kemajuan unpas itu sendiri.
Untuk para wisudawan dan wisudawati saya berpesan  “ jangan pernah menggantungkan diri dalam membangun masa depan di posisi pegawai negeri  “ banyak hal2 yang dapat dilakukan oleh mereka yang bisa mendatangkan rezeki dalam mencukupi kehidupan dalam bidang ekonomi 
maksud saya walupun alumni fkip itu disiapkan untuk menjadi seorang guru  terlepas itu guru pns atau honorer,  tapi sambil dia menunggu untuk menjadi seorang guru pns atau honorer  kalau  dia mempunyai keahlian di bidang usaha , kenapa dia tidak melakukan usahanya  dan jangan pernah malu akan titel kesarjanaan, ketika akan merintis usaha .
contohnya untuk alumni biologi dia memiliki keahlian beternak , kenapa dia tidak memulai beternak sapi,   kalau orang akutansi  ketika dia dapat keahlian dalam menghitung neraca keuangan, ketika ada orang yang membutuhkan kemampuannya untuk menghitung keuangan baik itu di pasar, atau di tingkat perkantoran ekonomi  kenapa tidak, begitu pun dijurusan-jurusan yang lain.
Jangan pernah kita terlalu selektif dalam jenis pekerjaan,  yang membuat dirinya sangat terbatas untuk dirinya mendapatkan uang,  yang harus selektif itu , yang penting kita kerjakan apa saja yang dpat kita kerjakan yang penting menghasilkan dan halal di samping halal harus layak bagi kemanusiaan.
 ketika sarjana minta-minta itu halal, tapi tidak layak untuk kemanusiaan, dan tidak layak untuk  dilaksanakan oleh lulusan sarjana.
Tapi bila seorang sarjan sesuai dengan backround akademiknya misalnya dari jurusan peternakan dan membuka peternakan sapi akan sangat sesuai, sehingga tidak menunggu pekerjaan, seorang pengusaha besar itu awalnya dari kecil, kata kuncinya adalah mempunyai keinginan yang keras, punya keinginan yang kuat , punya keuletan dan kejujuran , punya kesabaran, dan yang terakhir kita tidak boleh lepas dari berdoa kepada allah swt,  dan insa allah, nanti allah akan mencarikan yang terbaik .
Bekerja dengan  jujur, baik dan bina hubungan baik dengan semua orang,  pola komunikasi yang bagus,  itu menjadi salah satu penunjang keberhasilan, menata masa depan, Saya menyarankan kepada para alumni selain membekali diri dengan skill yang bisa dijual secara ekonomi,  dia juga harus punya mental yang kuat, keinginan yang besar punya kejujuran, punya keuletan, kesabaran dan keikhlasan, disamping itu  harus mempunyai kemampuan pola komunikasi yang bagus,
Untuk daerah jawa barat  dan indonesia dengan adat ketimuran , pola komunikasi yang baik menjadi kunci kesuksesan dan pola to the poin masih blum bisa diterima oleh masyarakat umum.
Conto nya  dilarang parkir di depan pintu, beda ketika kita mengunakan kata2 termakasih anda tidak parkir disini itu merupakan pola komunikasi yang dapat diterima oleh masyarakat umum sekarang, Diharapkan para alumni memiliki kemampuan pola komunikasi yg baik, karena itu akan membuka pintu sukses buat kita.
Saya sarankan kepada alumni jangan pernah punya niat jelek kepada siapapun dengan tetap  kita memiliki kewaspadaan jadi berusaha memberikan kesenanganan kepada setiap orang jika mampu, minimal tidak menyakiti hati orang lain dan Itu saya kira menjadi modal untuk  bersosialisi yg baik, jangan ada istilah kita hanya bergaul dengan orang sunda saja, bergaul dengan siapa saja baik dari minang atau batak.
Kegiatan lainnya :
•Dalam 2 mggu kedepan harus menyiapkan  3300  eksemplar sertifikat pendidik, bagi guru2 yg sudah disertifikasi,  fkip unpas ini sudah dipercaya selama 5 tahun oleh pemerintah menjadi penyelenggara  sertifikasi guru , di 12 kabupaten di jawabarat. Tgl 9 akan di bagikan
•Fokus pada pendirian pasca sarjana,untk 3 prodi untuk prodi pendidikan bahasa, prodi biologi, prodi ekonomi , alhamdulilah untuk prodi pendidikan bahasa, sknya sudah di tanda tangani pa mentri dan besok dapat di ambil.
•Mempersiapkan rapat kerja tahunan, kita kan membahasa banyak isu, masalah,  segera dibenahi sehingga membuat fkip unpas dapt  sejajar dan dapat memenangkan persaingan di perguruan tinggi swasta.

About Unknown

Hallo, Nama Saya Deden Firman Fauzi. saya pengelola website ini,semoga informasi di website ini berguna dan apabila memiliki kritikan dan saran silahkan email ke dedenfirmansoemantri@gmail.com dan WA/LINE 082118778437.

0 komentar:

Post a Comment