IKAUNPASBANDUNG. Powered by Blogger.
Tag: ,

Akreditasi Unpas Siap Ditingkatkan

Dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012, disebutkan bahwa tiap universitas harus terakreditasi BAN PT. Jadi, akreditas tidak hanya berlaku untuk jurusan atau program studi, tetapi juga untuk universitas. Menanggapi hal tersebut, Edy Jusuf, Rektor Unpas menyebut bahwa Unpas sudah terakreditasi dan untuk selanjutnya siap untuk meningkatkan akreditasi tersebut. Namun, ia menampik anggapan yang menyebut bahwa Unpas lambat dalam mengurus peningkatan akreditasi universitas.
“Jadi dulu-dulu kita mengerjakan akreditasi itu karena tidak ada perintah undang-undang, tapi (sekarang ada) setelah diundangkan UU No.12 tahun 2012,” paparnya menampik anggapan tersebut.
Akan tetapi, menurutnya tuntutan dari pemerintah pun baru di tahun 2016. “Tapi treat (tindakan) itu di tahun 2016 ini. Oleh karena itu, di tahun 2014/15, kita bentuk tim  pekerja untuk menangani secara serius ketujuh standar IPT (Institusi Perguruan Tinggi).” 
Edy pun menyebut sudah ada tim yang dibentuk dan bekerja selama delapan bulan. Tim ini ditugasi mempersiapkan tuntutan undang-undang tentang akreditasi IPT. Tim ini beranggotakan orang-orang muda yang berdedikasi yang diambil dari tiap fakultas. Pada akhir November 2015 pun mereka berhasil membuat proposal instrumen pengisian borang yang sudah diajukan ke BAN PT. Sekarang Unpas tinggal menunggu asesor IPT melakukan penilaian langsung ke Unpas.
Tidak hanya sudah membentuk tim yang telah bekerja selama delapan bulan ini dalam upaya mempersiapkan akreditasi IPT, unpas selama rentang tahun 2012 hingga 2015 di bawah kepemimpinan Edy Jusuf telah mendapatkan Kepercayaan dan prestasi yang salah satu diantaranya :
  1. PTS mendapatkan Kepercayaan dari 22 Negara Sahabat yang warganya mengikuti studi di Unpas yang berasal Polandia, Turki,Lithuania,Thailand,Jepang,Korsel, Australia,Hungaria,Afsel, Singapura, Malaysia,Somalia, Vietnam, Laos, Tajikistan, Krigistan, Azerbaizan, China, Filipina, Papua Nugini, Ukraina,Timor Leste.
  2. Mendapat kepercayaan dari Kemendikbud RI sebagai Mitra Lembaga penyelenggaraan program sertifikasi.
  3. Mendapat penghargaan dari menhukham RI, Kampus unpas sebagai kampus berbasis HAKI.
  4. Mendapat penghargaan dari menhukham RI, Fakultas Hukum sebagai pemberi klinik hukum sekolah menengah umum 2013.
  5. Mendapat kepercayaan dari ESCAP (Economic Sosial Commisioner Asia Fasifik) pada teknik lingkungan unpas.
  6. Rektor Unpas terpilih sebagai anggota Commissiomer Commiter EEO BULT (Equal Education Oppurtunities By U-Learning Technology) di Gyeongjug Korea Selatan.
  7. Rektor Unpas Terpilih Sebgai Ketua APTIKOM (Asosiasi Perguruan Tinggi Komputer) Wilayah Jawa Barat.
  8. Unpas dipercaya sebagai Pusat Studi Asean oleh Kementrian Luar Negeri RI.

Dengan demikian, dalam upaya untuk meningkatkan akreditasi istitusi, unpas telah mempersiapkannya dengan matang itu terlihat dari pembentukan tim yang di khususkan untuk menyelesaikan  IPT Istitusi dan prosesnya hanya tinggal di akhir bulan april.

dedenfirmansoemantri@gmail.com Silahkan untuk Memberi komentar

About Forumkomunikasifhunpas

Hallo, Nama Saya Deden Firman Fauzi. saya pengelola website ini,semoga informasi di website ini berguna dan apabila memiliki kritikan dan saran silahkan email ke dedenfirmansoemantri@gmail.com dan WA/LINE 082118778437.

0 komentar:

Post a Comment